Wednesday, March 4, 2015

Hikmah dibalik sebuah peristiwa


Selama ini kita sadar sebuah peristiwa sering kita anggap sebuah kisah biasa saja, berlalu.... ada yang melupakannya segera, ada yang mencatatnya bahkan sebagian orang lagi menganggap sebagai kejadian yang bisa dibawa sebagai dongeng sebelum menjelang tidur. 

Hidup itu tidak indah... Kesan awalnya bagi yang merasa hidup ini penuh dengan kedukaan atau hidup ini begitu indah karena beberapa peristiwa yang membawa kebahagiaan. Begitu juga yang menganggap hidup ini biasa saja  karena suka dan duka akan selalu hadir dalam kehidupan kita silih berganti. 

Beberapa banyak dari kita yang dapat mengambil hikmah dibalik sebuah peristiwa?
Semua itu dikembalikan kepada anda semua yang dapat menjawabnya. Allah memberitahukan kita bahwa dalam setiap peristiwa yang Dia ciptakan terdapat kebaikan di dalamnya. Ini merupakan rahasia lain yang menjadikan mudah bagi orang-orang yang beriman untuk bertawakal kepada Allah. Allah menyatakan, bahkan dalam peristiwa-peristiwa yang tampaknya tidak menyenangkan terdapat kebaikan di dalamnya:

"Mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak." (Q.s. an-Nisa': 19).

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui." (Q.s. al-Baqarah: 216).

Seseorang mungkin tidak selalu melihat kebaikan dan hikmah Ilahi di balik setiap peristiwa. Sekalipun demikian ia mengetahui dengan pasti bahwa terdapat kebaikan dalam setiap peristiwa. Ia memanjatkan doa kepada Allah agar ditunjukkan kepadanya kebaikan dan hikmah Ilahi di balik segala sesuatu yang terjadi.

"Kami berfirman, 'Turunlah kamu dari surga itu. Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan mereka tidak bersedih hati'." (Q.s. al-Baqarah: 38)

"Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tidak bersedih hati. Yaitu orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa. Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan di akhirat. Tidak ada perubahan bagi kalimat-kalimat Allah. Yang demikian itu adalah kemenangan yang besar." (Q.s. Yunus: 62-4).

0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com