Saturday, April 28, 2018

Hikmahku hari ini

Sudah lama saya tidak update di blog pribadi ini. mungkin karena kesibukan dan bad mood yang panjang. semoga kedepan tetap istiqomah dalam bilik ruang pribadi ini. 

Pelajaran hari ini yang kudapat adalah timbulnya suatu kepercayaan untuk melaksanakan sesuatu. kegiatan kecil atau sederhana memang tidak terlihat sesuatu yang wah atau megah. tapi dikerjakan dengan sungguh-sungguh akan menimbulkan kekuatan yang besar. Fokus dan tetap semangat dijalan yang sudah dikerjakan.  

Bahkan bila mengutip ayat Al-Quran,  tidak hanya memerintahkan asal  bekerja  saja, tetapi  bekerja dengan sungguh-sungguh, sepenuh hati. Al-Quran tidak memberi peluang kepada seseorang untuk  tidak  melakukan suatu  aktivitas  kerja  sepanjang  saat yang dialaminya dalam kehidupan dunia ini. Surat Al-'Ashr dan dua ayat terakhir dari surat   Alam  Nasyrah  menguraikan  secara  gamblang  mengenai tuntunan di atas.

Dalam surat Alam Nasyrah, terlebih dahulu ditanaman  optimisme kepada setiap Muslim dengan berpesan,

     ... karena. sesungguhnya sesudah kesulitan ada 
     kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan ada 
     kemudahan      (QS 94: 5-6).
     
Maksudnya,  sesungguhnya  bersama  satu  kesulitan  yang  sama terdapat  dua kemudahan yang berbeda. Maksud ini dipahami dari bentuk redaksi ayat  di  atas.  Terlihat  bahwa  kata  al-ushr terulang   dua   kali  dan  keduanya  dalam  bentuk  definitif (ma'rufah) yakni menggunakan alif dan lam (al), sedangkan kata yusra  juga terulang dua kali tetapi dalam bentuk indefinitif, karena tidak menggunakan alif dan lam. Dalam kaidah kebahasaan dikemukakan  bahwa  apabila  dalam  suatu susunan terdapat dua kata yang sama dan keduanya berbentuk definitif, maka keduanya bermakna  sama  sedangkan bila keduanya berbentuk indefinitif, maka ia berbeda.

terngiang ditelingaku ucapan ulama Indonesia yang kharismatik Buya Hamka. dengan menyatakan :

   "Kalau hidup sekadar hidup, babi di hutan pun hidup.  
   Kalau bekerja sekadar bekerja, kera juga bekerja." 
   >>Buya Hamka<<

Artinya kalau hidup cuma untuk makan dan tidur binatang pun bisa melakukannya. Sebagai manusia tentu mesti punya nilai lebih. Hidup bukan untuk makan dan tidup. tapi makan dan tidur untuk hidup, agar dapat menjadi bernilai hidupnya bagi sesama. Sebagai manusia, kalau bekerja sekadar bekerja. Apa bedanya dengan kera? Kera juga bisa bekerja dengan keahliannya. Kera bisa bekerja untuk manusia dengan memetik kelapa. Apa yang dikatakan Buya Hamka memang terasa menohok. Kita sebagai manusia dengan segala pembenarannya bekerja sekadar mendapat imbalan. 

Oleh sebab itu dalam bekerja kita kehilangan rasa. Seringkali keadaan yang menyebabkan kita berlaku demikian. Apalagi di tempat kita bekerja tidak ada apresiasinya. Yang rajin dan yang malas sama saja penghargaannya.

Apa artinya bekerja rajin dan sungguh-sungguh kalau hasilnya toh sama saja? Dalam kondisi ini keluguan dan semangat kita hilang. Bekerja jadi sekadar bekerja. Secara logika kita anggap benar saja. Tetapi secara kejiwaan kita telah menyia-nyiakan potensi yang kita miliki. Pada dasarnya kita orang yang rajin dan bersemangat. Tapi rela memalaskan diri.

Bila bekerja hanya sekadar demi imbalan tanpa kecintaan, maka tak akan dapar terhindarkan bila kita akan bekerja sekada bekerja. Alangkah indahnya hidup ini bila kita dapat bekerja bukan sekadar mengejar imbalan. Tapi ada kecintaan yang menyertai. Kalau bukan karena semangat atau gairah dan kecintaan. Apa lagi namanya? Bila hal ini dapat kita aplikasinya dalam pekerjaan kita tentu bekerja menjadi sesuatu hal yang sangat menyenangkan.

Jadi kesimpulannya, agar kita terhindar dari bekerja sekadar bekerja pilihannya adalah mencari pekerjaan yang sesuai dan memberikan kenyamanan, sehingga tidak terkesan membudakkan diri dalam bekerja. Tapi dapat bekerja dengan penuh suka cita dan cinta. Masih ada sisi kemanusiaan yang menyertai.

Semoga dibalik kesusahan ada kemudahan. dan semua itu atas pertolongan dari Allah SWT. Amin Ya Robbal Alamin.



Membahas masalah keummatan ......



berkumpul bersama sahabat

 

kebersamaan...mahal harganya

disela kesibukan dalam rangkaian organisasi

pengabdian tiada batas


0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com